31.3.12

Curiosity or Obsession?

"Curiosity kills a cat"

Entah ini namanya keingintahuan atau obsesi, yang jelas dua hari ini bayangan sayur asem ini menari-nari di otak. 
Oukeh. Cukup, i said. Bergeraklah saya ke arah pasar Kota, mencari bahan-bahan sayur asem berdasar petunjuk di sini. Semua bahan ada, kecuali buah Melinjo, daging tetelan, terasi, dan kacang tanah. 
Pagi ini, tekad saya bulatkan. Dengan menginstruksikan adik supaya memotong-motong sayuran, saya juga bergerak menghaluskan bumbu-bumbu.  Sebelum shalat Dhuhur, sayur asem pun siap. Rasanya, "Kurang asin, " kata adik saya. Haha, yang penting penasaran saya terjawab, dan perut kenyang. Soal rasa, bisa diaturlah ;)



 

BBM yang Tertunda

Sinetron semalam berakhir gantung..BBM yang tertunda
Para aktor dan aktrisnya berakting bagus, hanya saja skenarionya buruk sekali. Dari sudut pandang pengamat persinetronan amatir kayak saya, seharusnya akhirnya happy ending dong, jangan digantung kayak layangan gitu.


Mungkin penulis skenarionya kebanyakan nonton sinetron kita, yang memang kualitasnya buruk. Nah, saran saya, perbanyak referensi tontonan yang lain, seperti dorama atau korean drama, yang lagi banyak digandrungi di berbagai belahan dunia.  






Just me, a dorama lover


28.3.12

Karena Batik Itu Indonesia

Batik pertama saya adalah kemeja yang diwariskan kakak perempuan saya. Terpaksa saya memakai kemeja itu, karena kebijakan di sekolah yang baru yang mewajibkan seragam batik di setiap hari Sabtu. 

Karena bajunya lungsuran, maka warna kemeja itu pun buram, pudar. Meski begitu, ia telah menyelamatkan saya di saat yang tepat. Karena, mepet sehingga tak punya kesempatan buat mencari baju yang baru, Mama pun  mengobrak-abrik baju-baju lama yang sempat dibawa. Akhirnya diperoleh baju lama punya kakak yang masih layak pakai. Baju itu terbuat dari kain batik cetak, yang memang lebih murah dibanding batik biasa (batik tulis). Sebuah baju sederhana, namun datang di saat yang tepat.

Baju batik selanjutnya, adalah daster-daster  yang nyaman banget. Karena berjilbab maka daster jilbab adalah pakaian rumahan yang sangat cocok dipadukan dengan jilbab rumah. Bentuknya yang gombrang, menyamarkan bentuk badan namun tetap terasa dingin. Mama saya yang membelikan semua daster itu, karena memang beliau ahli dalam berbelanja pakaian ( atau dengan kata lain langsung cocok deh dengan ukuran anak-anaknya).

Setelah bekerja, saya mulanya belum mengenakan batik. Karena punya prinsip membeli baju adalah belanja paling terakhir dalam daftar saya. Namun, karena ada satu acara, yang mewajibkan mengenakan batik, saya pun berbatik. Tapi, ini gratis, karena seragam batik ini dibagikan ke semua panitia acara. Sayang, karena bajunya kekecilan dan tak mungkin saya pakai di luar acara itu, saya memberikannya ke seorang rekan kerja.

Daftar Sekolah Menengah Pertama (SMP)


Tadi pagi, di angkot bertemu dengan 2 anak laki. Mereka ternyata adalah siswa kelas 6 SD yang mau daftar masuk SMP, saya tahu karena mereke berhenti di depan salah satu SMP. Rupanya sudah musim pendaftaran murid baru untuk jenjang SMP.


Jadi ingat waktu daftar SMP juga. Nah, di kota tempat tinggalku dulu, Raha, ada dua SMP unggulan, SMP 1 dan SMP 2, dua-duanya negeri.
Waktu akhir kelas 6, saya memutuskan memilih SMP 1. Penyebabnya, karena banyak teman yang juga memilih sekolah itu (aka ikut-ikutan   ). Setelah ujian EBTA/EBTANAS (ujian akhir yg ceria, ga pake crita horor kyk UAN skrg ) selesai, saya  segera berlibur ke Kendari dan menyerahkan urusan daftar-daftaran sama Bapak. Pokoknya terima beres 


Liburan selesai, saya pun mesti balik lagi ke Raha. Saat waktu pendaftaran akan berakhir, Bapak mengajak saya melihat sekolah yang baru itu. "Kita pigi liat sekolahmu," ajak beliau. Saya pun oke, dan bergegas naik ke motor, kami berdua lalu melaju ke arah SMP tersebut.
Melewati pepohonan Jati (atau hutan kali ya, dulu masih banyak di Raha) , saya mengamati jalur yang akan sering ditempuh itu. "Jauhnyaaa..," dalam pikiran saya. Tidak menyangka kalau tiap hari mesti ke sekolah yang jaraknya jauh kayak ini.


Setelah sampai, saya lalu bilang ke Bapak "Ndak jadi. SMP 2 mo saja. Jauh yang ini." Tanpa banyak bicara, Bapak menyanggupi permintaan saya dan menarik berkas yang sudah ada di sana. Kami lalu meluncur ke target baru, SMP 2 Raha.


Di SMP 2, dengan waktu daftar yang mepet, saya berhasil masuk juga. Hanya saja, saya masuk ke kelas terakhir, 1-tujuh. Walau nilai NEM saya bagus, karena datangnya injury time, saya mesti "pasrah" ditempatkan di kelas yang sebagian besar adalah anak-anak 'buangan". Buangan, karena rata-rata mereka yang di situ adalah yang nilainya paling rendah, penampilannya urakan dan perilakunya juga nyeleneh. Yo wis lah, daripada tidak sekolah, hehe.  Saya bertahan di situ, tapi dengan harapan bisa pindah ke kelas unggulan cawu depan, sama dengan harapan Bapak juga. "Bisa ji pindah cawu depan ke 1-satu!" janji Bapak, tentunya dengan nego sama Kepala Sekolah. Janji yang tidak terwujud, sebab saya ternyata berhasil bertahan di 1-tujuh selama setahun, dan berhasil menjabat ketua kelas di sana. Posisi yang sekali seumur hidup saya 

27.3.12

CHANGE [Dorama, 2008]

Asakura Keita (Takuya Kimura), hanya seorang guru SD (biasa). Tapi, dunianya mendadak berubah saat seorang wanita (Miyama Rika, oleh Fukatsu Eri) datang ke sekolah dan memintanya mengisi posisi ayahnya, mewakili Partai Seiyu untuk maju dalam pemilihan tingkat prefektur (mungkin sama dengan provinsi) Fukuoka. Keita tidak saja maju sebagai wakil provinsi, tapi kemudian lebih jauh lagi, sebagai calon Perdana Menteri, dan berhasil menjadi Perdana Menteri Jepang.


gambar dari doramalover.com

Ternyata, dibalik Miyama Rika, ada tangan Kanbayashi Shoichi, petinggi Partai Seiyu, yang mengatur gerak politik Asakura Keita. Ambisi Kanbayashi sebenarnya, hanyalah untuk menjadi Perdana Menteri, tapi dengan memanfaatkan Asakura yang "hijau" dalam politik. Namun, perlahan sang Perdana Menteri muda berhasil mengajak sekutu-sekutu yang kuat dalam lingkarannya. Nirasawa Katsutoshi (Abe hiroshi), perencana pemilunya (election planner) dulu, diangkat sebagai juru bicara. Miyama Rika pun, juga perlahan berpihak ke Asakura. Staf-staf khususnya, yang dulu adalah orang-orang dari Kanbayashi akhirnya membelot kepadanya.
Namun, meski begitu PM Asakura tak berhenti diguncang prahara. Di ujung episode, sebuah skandal mengguncang kabinetnya. Apa itu? Silakan dinonton sendiri ya..serialnya .

20.3.12

Mengimpor Pemimpin

Sudah bulan ketiga di tahun 2012, sudah masuk musim rambutan #eh pilkada lagi.
Di antara pilkada (istilah resminya siy pemilukada, tapi saya lebih
senang singkatan yang lama, pilkada) yang ada, yang paling "seksi" di
mata banyak orang mungkin punya DKI Jakarta.
Kota gemuk yang jadi pusat segala di Indonesia ini rupanya menarik
beberapa "jagoan" dari tempat lain buat berebut kursi teratasnya.
Sebutlah nama Alex Noerdin dari Sumatera Selatan (sekarang menjabat
gubernur), dan Joko Widodo dari Solo (walikota).
Dari hitung-hitungan kepopuleran, maka Alex Noerdin bisa dibilang di
bawah Joko Widodo. Nama gubernur Sumsel ini mungkin banyak didengar
saat Sea Games kemarin, dan saat kasus korupsi Nazaruddin baru ini.
Sedangkan Joko Widodo mengemuka namanya dengan prestasi sebagai
walikota Solo, atau dalam heboh Mobil Esemka.
Keduanya akan bertanding melawan jago dari kandang Jakarta, Fauzi
Bowo, serta kandidat lain yang kebetulan tinggal di Jakarta (atau
malah pinggiran Jakarta, Banten / Jabar). Seru sepertinya keriaan
Jakarta yang satu ini. Sangat dinantikan hasilnya, apakah yang impor
menang atau bibit lokal?

18.3.12

Proyek Buku "Semua tentang Kendari" (DL baru, 25 Maret 2012)

Dari  http://audisimenuliskendari.tumblr.com

----------------------------------------------------------
Haiiii….

Sesuai dengan nama blog ini„ audisi menulis kendari, maka kami akan mengadakan proyek menulis tentang Kendari. Tujuannya, yakni membuat sebuah Buku tentang Kendari. Syarat naskahnya adalah:

*Pertama, temanya “Semua tentang Kendari”, jadi kami menerima naskah-naskah kisah NYATA dari kamu, yang berkisah tentang Kendari. Baik yang tinggal di Kendari, perantauan asal Kendari, yang pernah datang ke Kendari, atau bisa juga untuk kamu yang kenal dengan orang Kendari. Dan pastinya WNI asli.

*Bentuk naskahnya dua ya, esai dan flash true story (FTS). Untuk esai, jumlah halamannya 2 - 5 lembar, sedang yang FTS 400 - 800 kata, dengan ketentuan diketik rapi di kertas A4, font Times New Roman, spasi 1.5 , ukuran 12.

*Naskah harus orisinil, bukan jiplakan atau terjemahan, serta belum pernah diterbitkan (cetak atau online). Surat pernyataan menyusul bila lolos.


15.3.12

Makanan Selama Hamil, Buat Ibu dan Bayi

Baru-baru ini di kota kami, Kendari, dihebohkan dengan kejadian kelahiran seorang bayi yang langsung mempunyai gigi. Kalau dalam pandangan masyarakat awam, ini dikaitkan dengan sesuatu yang mistis atau takhayul, namun tidak di mata seorang ahli gizi. Ini sangat berkaitan dengan kondisi gizi si ibu selama mengandung, ada kelebihan zat gizi dalam masa tersebut, antara lain, kalsium.

Selama mengandung, seorang ibu memang mempunyai kecenderungan untuk terus merasa lapar, terutama di trisemester kedua. Hal ini berkebalikan dari keadaan di trisemester pertama, dimana kejadian mual-mual adalah biasa. Yang berujung pada menurunnya nafsu makan si bumil (ibu hamil).

Berbagai kebiasaan ibu yang hamil dalam hal makanan bisa berbeda-beda. Contohnya dalam bahasan berikut. Teman-teman saya dari klub Mp-ers Indonesia yang sekarang tengah mengandung dengan senang hati membagi pengalaman makanan selama hamil dengan saya yang alhamdulillah belum berpengalaman :)  Saya akan mencoba "mengkaji"  asupan makanan mereka, semoga tak salah. Maarrriiii..


Nekat saja!!

"Sudah, nekat saja..!"
"Man jadda wa jadda, siapa yang bersungguh-sungguh maka pasti berhasil!"
Kata-kata "motivasi" yang saya semburkan ke teman saya, yang ingin ikut workshop kepenulisan hari ini. Hari itu, hari minggu.

Bagaimana tidak mau nekat, dia tinggal berkilo-kilometer dari Kendari, di kota Bau-Bau. Ke Kendari, dia mesti naik kapal fiber selama berjam-jam. Dan, harinya bukan hari libur, hari kerja.
 
 
Bang Darwis "Tere Liye" dalam sesi tandatangan

12.3.12

ALL ENGLAND 2012, Ada Juga Indonesia.

Setelah film Unstopable-nya Denzel Washington semalam berhasil mengalihkan kegiatan "menulis" yang seharusnya saya lakukan, tak sengaja kanal MNC SPORTS terpencet. Ah, rupanya All England sedang ditayangkan. Pertarungan antara Wang Yi Han dan Li Xue Rui mendekati titik akhir, Li Wue Rui pun memperoleh juara. Dalam usia yang sangat muda, 21.
Setelah itu, maka giliran pasangan ganda campuran Indonesia bertarung. Melawan ganda Denmark, yang hari sebelumnya melibas pasangan China no. 2 dunia. 

Gambar sports.okezone.com

2.3.12

Februari's Books List

Again, buat daftar buku bacaan selama bulan lalu, Februari.
Here they are,

1. Bedeviled: The Bood, The Bad and The Ugly Dress (Shani Petroff).
2. Jeda Sejenak, Sebuah kumpulan Esai dan Puisi Renungan. (Arrifa'ah).
3. Dan aku pun berjilbab, Kisah-Kisah Inspirasi Meraih Hidayah-Nya (Dian Onassis dkk).
4. Jejak Jejak yang Terserak ( Rifki Hasan). 
5. Seoulvivor (Lia dan Tatz).
6. Makin Sehat dengan Berjilbab (Mh Hanun Siregar).
7. Tips Menghindari Gosip (Dr. Sulaiman Abal Khoil). 

Untuk buku pertama, I dont feel like i'm loving it. Entah apa karena genrenya yang teen, or just because the translation. Pernah nonton film barat yang di-dub dengan buruk? Oke, that's what i'm feeling while reading this book.

Buku 2, 3 dan 4 adalah karya Multiply-ers. Recommended books, so grab them fast and read it. You'll never regret it. 
Buku ke-5 adalah tentang petualangan dua orang pecinta Korea, korban terjangan hallyu (Korean wave), yang untuk pertama kali menjejakkan kaki di Korea. Satunya adalah penulis novel berbau-bau Korea (Soulmate dll), dan yang lain adalah blogger film dan drama Korea. Untuk petunjuk tempat di Korea, buku ini lumayan.

Buku ke 6, tentang perawatan rambut bagi perempuan berjilbab. Penulisnya tidak punya latar belakang medis atau kesehatan. Semua fakta di dalam buku ini sepertinya hasil riset di internet, buku dan tabloid. Namun, saya merasa sisi perawatan rambut kurang begitu "nendang" di buku ini. 

Buku terakhir, tentang gosip. Masalah klasik yang terus kita temui hari-hari. Sadar atau tidak, seringkali kita melakukannya:-(

Itu saja, and hope next, i'll make another book's list, insya Allah.