30.4.08

Suka Baca Tapi Tidak suka Beli Buku.

Kalau ditanya atau disuruh menuliskan di formulir-formulir tentang hobi, kebanyakan orang biasanya akan menuliskan kalau hobi mereka adalah membaca. Nah, sama juga dengan saya, hobi membaca. Mungkin karena tidak punya bahan hobi yang lain, atau mungkin karena hobi mereka memang membaca.
Untuk kasus saya, saya memang suka membaca, tapi satu kelemahan saya, yakni tidak suka membeli buku (nah loh!). Lama baru saya sadari, setelah selesai kuliah, kalau kebiasaan saya ini (kalau bisa dibilang kebiasaan) ternyata berdampak kurang baik. Membaca, menjadi suatu kesukaan saja, bukan menjadi kewajiban. Padahal, kalau ingin maju, katanya kita sebaiknya membaca satu buku satu hari (yang ini saya lupa dapat dari mana).
Kalau ingin membaca suatu buku, saya paling suka meminjamnya. Apakah dari teman atau dari perpustakaan. Itulah yang membuat koleksi buku saya amat sangat minim. Tapi, setelah bekerja, saya ingin merubah "kebiasaan itu", saya akan membeli buku..dan membaca banyak buku..

29.4.08

Tentang Logat..

Membahas masalah logat tidak akan ada habisnya. Saya sendiri, karena sering hidup nomaden alias berpindah-pindah, sering dihadapkan pada permasalahan yang satu ini. Masa kecil saya, saya lalui di dua kota, Kendari dan Raha. Nah, dua kota itu memiliki logat yang sangat berbeda. Orang Raha terkenal berbicara dengan cepat dan keras dibandingkan dengan orang Kendari. Penekanan huruf "e" dalam kalimat amat sangat terasa, seperti orang Batak atau Ambon, atau orang dari kawasan Timur lainnya. Nah, sedang kesamaan keduanya, yakni masih dalam pakem "Sulawesi", jadi kalau orang Kendari atau orang Raha dengan orang Sulawesi yang lain, seperti dari Makassar, Palu, Gorontalo atau Menado, masih bisa saling mengerti.
Mengenai Kendari, karena kota ini sendiri "dikuasai" bangsa pendatang, seperti dari Raha, Makassar, dan orang Bugis, maka pola logatnya amat sangat dipengaruhi dari daerah-daerah tersebut. Logat orang Kendari asli, yakni Tolaki, memang masih terdengar namun sudah mulai "termodifikasi" dengan pengaruh bahasa lain.
Setelah SMA, saya melanjutkan ke Makassar atau UjungPandang. Di kota yang menguasai adalah logat Makassar yang dipengaruhi dua bahasa besar, yakni bahasa Makassar dan Bugis. Penyesuaian yang saya lakukan tidak terlalu banyak, karena logatnya mirip dengan logat Kendari. Selain karena itu, setelah saya perhatikan, saya ternyata orang yang jarang sekali berbicara (atau cenderung pendiam, baru sadar sekarang..). Logat ini amat sangat berguna setelah saya hidup di kota lain lagi, sekarang, yakni di Jakarta.
Setelah diterima di BMG dan ditempatkan di Jakarta, tidak terlalu sulit untuk saya menyesuaikan. Karena, saya sudah sangat sering menonton sinetron, sehingga sudah punya "pegangan/tuntunan" logat untuk dipakai di ibukota. Sinetron, ternyata memang "menyatukan" Indonesia.

24.4.08

Training pertama..

Kerja di BMG apalagi di bagian survei, berati harus siap mengikuti training, dan itulah yang terjadi pada saya tadi. siang tadi, adalah kesempatan training pertama. Tujuannya adalah untuk mengenalkan dan melatih kemampuan pegawai BMG dengan alat yang bernama SeiscomP, sebuah seismograf portabel yang biasa dipakai dalam survei di daerah.
Seiscomp ternyata dalam penggunaannya membutuhkan banyak "teman". Nah, siapa-siapakah mereka, di antaranya:
1. Digitizer, ini adalah pengubah sinyal analog ke digital;
2. Sensor, bagian sensitif yang "mengendus" guncangan.
3. GPS , sebagai alat penentu posisi.
4. Power supply, kalo tidak ada yang menyuplai daya, mana bisa nyala alatnya.
5. Konektor, kabel-kebel penghubung alat.
6. SeiscomP sendiri, sebuah mini komputer yang bertugas menyimpan data.
7. Desktop, untuk mentrigger data dari SeiscomP, juga bisa menganalisis.
Pelatihan tadi masih dalam pengenalan alat, karena banyaknya kendala, seperti baterai yang kurang daya dan lain-lain. Dan, akan dilanjutkan besok. So, cerita sambungannya besok ya, nantikan aja.

22.4.08

22 April, apa yang spesial di hari ini?

Jawabannya, ada dua hal yang kira-kira istimewa. Yang pertama, hari ini adalah hari Bumi (earth's day). Terus, yang kedua, hari ini adalah hari Ujian Akhir Nasional bagi adik-adik SMA.
Mengenai Hari Bumi, hari dimana orang-orang bumi diajak merenung akan dibawa kemana peradaban dunia ini dengan kondisi bumi yang semakin buruk. Roda modernisasi dan industrialisasi membuat beban bumi kian hari makin berat. Apa yang bisa kita lakukan untuk bumi? Simple things can help. Contohnya, mematikan alat-alat listrik yang tidak dipakai, mengurangi penggunaan barang-barang plastik, dan berhemat dalam penggunaan air.
Tentang Ujian Akhir Nasional, hari ini adalah hari pertama. Ujian Akhir Nasional (UAN), sebuah kebijakan yang telah menuai pro dan kontra. Pelaksanaannya dinilai banyak membawa dampak negatif bagi dunia pendidikan kita. Dari kecurangan-kecurangan sampai dampak ketidak lulusan siswa-siswa yang sebenarnya berprestasi, bahkan ada yang sudah diterima di Universitas Luar Negeri. Persoalan bahwa UAN adalah satu-satunya parameter bagi kelulusan seorang siswa dan ketimpangan sarana prasarana serta kualitas guru di Indonesia yang tidak merata adalah yang melatarbelakangi mengapa kebijakan ini sebaiknya ditinjau kembali, menurut saya pribadi.
That's all, so Happy earth's day dan met Ujian ya, adik-adik..

Geofisika, apaan sih?

Geofisika, apaan sih?
Itu juga yang terlintas di pikiran saya ketika pertama kali menjatuhkan pilihan pada formulir UMPTN 8 tahun yang lalu. Sejujurnya, setelah lulus SMA, jurusan yang ada di otak saya adalah Fisika. Kenapa berubah jadi Geofisika, tanyakan kepada kakak saya. Dia yang menyarankan untuk mengganti pilihan program studi, dan anehnya saya menuruti saran dia. Mungkin, saat itu Tuhan sedang memilihkan jalan hidup melalui tangan kakak saya.
Dan, terceburlah saya dalam suatu tempat penggodokan ilmu Geofisika, prodi Geofisika , FMIPA,UNHAS.
Apa itu geofisika? Menurut saya, geofisika adalah salah satu cabang ilmu tentang bumi (geo) yang memandang atau menelaah bumi ini dari segi sifat-sifat fisisnya. Sifat-sifat fisis yang dimaksud seperti sifat elektrik, magnetik, elektromagnetik, gelombang seismik, atau sifat percepatan gravitasi bumi. Selain isi bumi, geofisika juga menelaah atmosfer bumi, ini kemudian mengarah ke cabang ilmu lainnya, yakni meteorologi dan klimatologi.
Dari berbagai sifat fisis bumi, kemudian berkembang berbagai metode geofisika. Di antaranya adalah:
1. Metode Seismik, yang meneliti bumi lewat penjalaran gelombang seismik. Metode ini banyak digunakan dalam eksplorasi minyak (seismik eksplorasi), dan gempa (seismologi).
2. Metode Gravitasi (geogravitasi), menggunakan harga percepatan gravitasi untuk mengetahui densitas (masa jenis) dari tiap-tiap lapisan bumi yang dicari.
3. Metode Magnetik (geomagnet).
4. Metode Listrik (geolistrik).
5. Metode Elektromagnetik (geoelektromagnet).
6. Metode Radar (georadar).
Setelah sekolah selama 5 tahun di sana, saya akhirnya lulus. Dan, membutuhkan waktu sekitar dua tahun bagi saya hingga akhirnya saya dapat pekerjaan, sebagai PNS di lembaga yang tidak jauh dari geofisika, BMG.
Bagi anda yang mau mendalami ilmu ini juga, dapat menjatuhkan pilihan pada universitas-universitas sebagai berikut : UI Jakarta,UGM Jogja ,ITB Bandung , UPN jogja, UNHAS Makassar, dan ITS Surabaya, atau ke AMG-akademi di bawah naungan BMG.

Lulusan Prodi Geofisika tapi Bukan Seorang Geofisisis

Lulus dari program studi Geofisika di sebuah universitas negeri tidak menjamin seseorang secara otomatis menjadi seorang geofisisis. Itu yang saya rasakan. Ilmu yang saya pelajari selama lima tahun (jadi malu, ketahuan deh.) menguap begitu saja ketika saya berada di masyarakat dan di dunia kerja. Saya hampir tidak tahu apa-apa tentang geofisika, memalukan. Sehingga, saya harus tertatih-tatih mengais-ngais ilmu lagi, atau harus sekolah lagi (semoga!!). Being a pure geophysicist , hopefully will come true.

21.4.08

Liga Champions 2007/2008, Barcelona di Sarang Klub2 Inggris

Liga Champions 2007/2008 kembali mencatat sejarah baru. Tiga klub Inggris dan satu klub Spanyol, memberikan formasi yang menarik dalam semifinal tahun ini. Ini sekaligus membuka kemungkinan all england final, jika saja Barcelona tidak mampu menghadang Manchester United pada 24 April dan 30 April nanti. Begitu pula untuk Liverpool, ini adalah kesempatan untuk menambah perolehan trofi Championsnya, dan juga Manchester United yang ingin mengulang kesuksesan menggondol gelar eropa dan gelar domestiknya untuk yang kesekian kalinya. Adapun Chelsea, yang belum pernah sama sekali merasakan gelar Liga Champions, pasti akan mati-matian berjuang untuk mendapatkannya. Kita nantikan saja semifinal, tgl 23-24 April dan tgl 30 April - 1 Mei 2008, apakah akan terjadi All england Final ataukah final Barcelona vs salah satu klub inggris lainnya.

17.4.08

28 April 1982 M = 04 Rajab 1402 H

Setelah lama mencari, akhirnya aku tahu tanggal lahirku dalam penanggalan hijriyah. 28 April 1982, Rabu, betepatan dengan tanggal 04 Rajab 1402 Hijriyah.Dan, setelah iseng-iseng menghitung-hitung, ternyata, pada tahun 1992, saya "berulangtahun" dua kali (menurut kalender hijriyah), yakni tgl 09 Januari dan 28 Desember 1992. Jadi, umur saya tahun ini insya Allah adalah 27 tahun (hijriyah) yang akan jatuh pada tanggal 7 Juli 2008 (sudah tua euy..)!! Bagi yang ingin "menghitung" umur dalam penanggalan hiriyah, silahkan ke www.islamicfinder.org/dateConversion.php.

14.4.08

Unduh=Download

Bagi yang sering browsing dan surfing di Internet, pasti bakalan akrab dengan istilah ini. Kurang tahu kapan persisnya dipakai, tapi istilah download kini telah perlahan-lahan digantikan dengan "unduh". Kata ini ada dalam kamus Melayu, dan juga ada dalam kosa kata bahasa Jawa. Jadi, kalau ingin mengambil file dari internet, bukan me-download- lagi, tapi meng-unduh. Nah, kalau "browsing" nanti diterjemahkan apa ya, kita tunggu saja!

Yang ke-3 kalinya.

Dari buku Sang Alkemisnya-Paulo Coelho, cerita tentang seorang bocah Spanyol yang mencari impiannya hingga ke negeri Piramid, Mesir. Alkisah, si bocah di beri nasehat oleh sang Alkemis (isi nasehatnya kurang lebih kayak gini):"Nak, dari pengalamanku, sesuatu yang telah terjadi sekali biasanya tidak akan terulang untuk yang ke-2 kalinya. Namun, jika ia telah terjadi dua kali, maka pasti akan terjadi lagi untuk yang ke-3 kalinya".Dari ini, saya ingin "meramal" nasib duo Maia, secara Maia Estianty telah "dua" kali ganti rekanan. Menunjuk kepada nasehat Sang Alkemis, kemungkinan besar dia akan kembali mencari rekanan baru untuk "yang ke-3 kalinya".

Yang Terlupakan.

Kenanglah aku,
di saat sedihmu,
di saat dukamu.

Kenanglah aku,
di saat candamu,
di saat bahagiamu.

Kenanglah aku,
di saat sendirimu,
di saat sunyimu.

Kenanglah aku,
di saat bau jejakku
masih bisa kau cium.

Karena mungkin,
aku kan menghilang
dan jadi yang terlupakan...

8.4.08

Korsel diguncang Korupsi Samsung

Korea Selatan dihebohkan oleh isu korupsi ditubuh perusahaan terbesar di negeri itu, Samsung. Samsung yang menguasai 20% ekspor negri ginseng tersebut kini tengah diselidiki oleh kejaksaan dalam dugaan suap kepada pejabat pemerintahan. Selama ini, Samsung hampir tidak pernah bisa "tersentuh' oleh pihak kejaksaan mapun pihak berwenang lainnya di Korea Selatan.

7.4.08

To you, paps..

When i was a lil' kid, i always asked my dad 'bout many things. i remember, my dad could answer each of my questions. At that time, i thought he was d smartest guy on earth.but, since i grew up, i started to realized that he didn'nt always right as i learn man things by myself, and not by him anymore. Anyway, it doesn't matter. I'm still be the lucky girl coz i had a dad that had tought me so many things of this world. Thank's dad.

4.4.08

Watashi no namae Chinatsu Haruguchi

Thanks buat Ocha, saya kini tau kalo kita semua bisa memiliki nama Jepang.Nama saya, watashi no namae Chinatsu Haruguchi-mudhalifana haruddin.

Lg Down Neh..

Capek banget, abis ngantor badan pegal2 kayak kuli bangunan yang abis kerja keras. Ketiduran, eh telat deh shalat Asharnya. Malamnya, nafas tersendat-sendat percis org y kena bengek, Alhamdulillah gak kena serangan y berat, cuman little2 attack aja.
Paginya, ngantor lagi, di ruangan y amat sangat dingin, tapi aku harus bertahan-musti kudu dan wajib.Berharap sebentar, nafas yang sedang seret2x balik lagi jadi lega.

3.4.08

Allah tidak pernah Tidur!!

Tulisan yang bagus,sarat akan makna. Lewat ini saya minta permisi ya sama penulisnya, mohon maaf ya-saya ngutip gak bilang-bilang dulu

Malam telah larut saat saya meninggalkan kantor. Telah lewat pukul 11 malam. Pekerjaan yang menumpuk, membuat saya harus pulang selarut ini.

Ah, hari yang menjemukan saat itu. Terlebih, setelah beberapa saat berjalan, warna langit tampak memerah. Rintik hujan mulai turun. Lengkap sudah, badan yang lelah ditambah dengan "acara" kehujanan. Setengah berlari saya mencari tempat berlindung. Untunglah, penjual nasi goreng yang mangkal di pojok jalan, mempunyai tenda sederhana. Lumayan, pikir saya. Segera saya berteduh, menjumpai bapak penjual yang sendirian ditemani rokok dan lampu petromak yang masih menyala. Dia menyilahkan saya duduk. "Disini saja dik, daripada kehujanan... ," begitu katanya saat saya meminta ijin berteduh.

Benar saja, hujan mulai deras, dan kami makin terlihat dalam kesunyian yang pekat. Karena merasa tak nyaman atas kebaikan bapak penjual dan tendanya, saya berkata, "tolong bikin mie goreng pak, di makan disini saja."

Sang Bapak tersenyum, dan mulai menyiapkan tungku apinya. Dia tampak sibuk. Bumbu dan penggorengan pun telah siap untuk di racik. Tampaklah pertunjukkan sebuah pengalaman yang tak dapat diraih dalam waktu sebentar. Tangannya cekatan sekali meraih botol kecap dan segenap bumbu. Segera saja, mie goreng yang mengepul telah terhidang.

Keadaan yang semula canggung mulai hilang. Basa-basi saya bertanya, "Wah hujannya tambah deras nih, orang-orang makin jarang yang keluar ya Pak?" Bapak itu menoleh ke arah saya, dan berkata, "Iya dik, jadi sepi nih dagangan saya.." katanya sambil menghisap rokok dalam-dalam.

"Kalau hujan begini, jadi sedikit yang beli ya Pak?" kata s aya, "Wah, rezekinya jadi berkurang dong ya?" Duh. Pertanyaan yang bodoh. Tentu saja tak banyak yang membeli kalau hujan begini. Tentu, pertanyaan itu hanya akan membuat Bapak itu tambah sedih.

Namun, agaknya saya keliru...

"Gusti Allah, ora sare dik, (Allah itu tidak pernah istirahat), begitu katanya. "Rezeki saya ada dimana-mana. Saya malah senang kalau hujan begini. Istri sama anak saya di kampung pasti dapat air buat sawah. Yah, walaupun nggak lebar, tapi lumayan lah tanahnya."

Bapak itu melanjutkan, "Anak saya yang disini pasti bisa ngojek payung kalau besok masih hujan.....".

Degh. Duh, hati saya tergetar. Bapak itu benar, "Gusti Allah ora sare".

Allah Memang Maha Kuasa, yang tak pernah istirahat buat hamba-hamba- Nya.

Saya rupanya telah keliru memaknai hidup. Filsafat hidup yang saya punya, tampak tak ada artinya di depan perkataan sederhana itu. Maknanya terlampau dalam, membuat saya banyak berpikir dan menyadari kekerdilan saya di hadapan Tuhan.

Saya selalu berpikiran, bahwa hujan adalah bencana, adalah petaka bagi banyak hal. Saya selalu berpendapat, bahwa rezeki itu selalu berupa materi, dan hal nyata yang bisa digenggam dan dirasakan. Dan saya juga berpendapat, bahwa saat ada ujian yang menimpa, maka itu artinya saya cuma harus bersabar. Namun saya keliru. Hujan, memang bisa menjadi bencana, namun rintiknya bisa menjadi anugerah bagi setiap petani. Derasnya juga adalah berkah bagi sawah-sawah yang perlu diairi. Derai hujan mungkin bisa menjadi petaka, namun derai itu pula yang menjadi harapan bagi sebagian orang yang mengojek payung, atau mendorong mobil yang mogok.

Hmm...saya makin bergegas untuk menyelesaikan mie goreng itu. Beribu pikiran tampak seperti lintasan-lintasan cahaya yang bergerak dibenak saya. "Ya Allah, Engkau Memang Tak Pernah Beristirahat" Untunglah, hujan telah reda, dan sayapun telah selesai makan.

Dalam perjalanan pulang, hanya kata itu yang teringat, Gusti Allah Ora Sare..... Gusti Allah Ora Sare.....

Begitulah, saya sering takjub pada hal-hal kecil yang ada di depan saya.
Allah memang selalu punya banyak rahasia, dan mengingatkan kita dengan cara yang tak terduga. Selalu saja, Dia memberikan Cinta kepada saya lewat hal-hal yang sederhana. Dan hal-hal itu, kerap membuat saya menjadi semakin banyak belajar.

Dulu, saya berharap, bisa melewati tahun ini dengan hal-hal besar, dengan sesuatu yang istimewa. Saya sering berharap, saat saya bertambah usia, harus ada hal besar yang saya lampaui. Seperti tahun sebelumnya, saya ingin ada hal yang menakjubkan saya lakukan.

Namun, rupanya tahun ini Allah punya rencana lain buat saya. Dalam setiap doa saya, sering terucap agar saya selalu dapat belajar dan memaknai hikmah kehidupan. Dan kali ini Allah pun tetap memberikan saya yang terbaik. Saya tetap belajar, dan terus belajar, walaupun bukan dengan hal-hal besar dan istimewa.

Aku berdoa agar diberikan kekuatan...Namun,
Allah memberikanku cobaan agar aku kuat menghadapinya.

Aku berdoa agar diberikan kebijaksanaan. ..Namun,
Allah memberikanku masalah agar aku mampu memecahkannya.

Aku berdoa agar diberikan kecerdasan.. .Namun,
Allah memberikanku otak dan pikiran agar aku dapat belajar dari-Nya.

Aku berdoa agar diberikan keberanian.. .Namun,
Allah memberikanku persoalan agar aku mampu menghadapinya.

Aku berdoa agar diberikan cinta dan kasih sayang..... Namun,
Allah memberikanku orang-orang yang luka hatinya agar aku
dapat berbagi dengannya.

Aku berdoa agar diberikan kebahagiaan. ..Namun,
Allah memberikanku pintu kesempatan agar aku dapat memanfaatkannya.

Sahabat, terima kasih telah membaca.
Silahkan memforward email ini ke sahabat2mu, yang engkau cintai dan
teman-teman lain.
Bagi dan berikanlah yang terbaik untuk mereka....

AYAT2 CINTA Vs KETIKA CINTA BERTASBIH

Sukses dari Film Ayat2 Cinta (AAC) ternyata produser film kini tertarik untuk membuat film-film bertema serupa, terutama yang berasal dari buku laris. Satu lagi film yang akan menyusul, yakni Ketika Cinta Bertasbih (KCB), yang akan diproduksi SinemArt. Pertarungan dua stasiun TV swasta yang dimotori oleh MD Entertainment (SCTV) dan SinemArt (RCTI) rupanya akan berlanjut ke layar lebar. Selama ini, kedua "raksasa" tersebut saling kejar-kejaran dalam rating Sinetron di televisi. Apakah SinemArt akan sukses dalam pertarungan kali ini, kita tunggu saja hasilnya.