22.4.08

Geofisika, apaan sih?

Geofisika, apaan sih?
Itu juga yang terlintas di pikiran saya ketika pertama kali menjatuhkan pilihan pada formulir UMPTN 8 tahun yang lalu. Sejujurnya, setelah lulus SMA, jurusan yang ada di otak saya adalah Fisika. Kenapa berubah jadi Geofisika, tanyakan kepada kakak saya. Dia yang menyarankan untuk mengganti pilihan program studi, dan anehnya saya menuruti saran dia. Mungkin, saat itu Tuhan sedang memilihkan jalan hidup melalui tangan kakak saya.
Dan, terceburlah saya dalam suatu tempat penggodokan ilmu Geofisika, prodi Geofisika , FMIPA,UNHAS.
Apa itu geofisika? Menurut saya, geofisika adalah salah satu cabang ilmu tentang bumi (geo) yang memandang atau menelaah bumi ini dari segi sifat-sifat fisisnya. Sifat-sifat fisis yang dimaksud seperti sifat elektrik, magnetik, elektromagnetik, gelombang seismik, atau sifat percepatan gravitasi bumi. Selain isi bumi, geofisika juga menelaah atmosfer bumi, ini kemudian mengarah ke cabang ilmu lainnya, yakni meteorologi dan klimatologi.
Dari berbagai sifat fisis bumi, kemudian berkembang berbagai metode geofisika. Di antaranya adalah:
1. Metode Seismik, yang meneliti bumi lewat penjalaran gelombang seismik. Metode ini banyak digunakan dalam eksplorasi minyak (seismik eksplorasi), dan gempa (seismologi).
2. Metode Gravitasi (geogravitasi), menggunakan harga percepatan gravitasi untuk mengetahui densitas (masa jenis) dari tiap-tiap lapisan bumi yang dicari.
3. Metode Magnetik (geomagnet).
4. Metode Listrik (geolistrik).
5. Metode Elektromagnetik (geoelektromagnet).
6. Metode Radar (georadar).
Setelah sekolah selama 5 tahun di sana, saya akhirnya lulus. Dan, membutuhkan waktu sekitar dua tahun bagi saya hingga akhirnya saya dapat pekerjaan, sebagai PNS di lembaga yang tidak jauh dari geofisika, BMG.
Bagi anda yang mau mendalami ilmu ini juga, dapat menjatuhkan pilihan pada universitas-universitas sebagai berikut : UI Jakarta,UGM Jogja ,ITB Bandung , UPN jogja, UNHAS Makassar, dan ITS Surabaya, atau ke AMG-akademi di bawah naungan BMG.

3 komentar:

  1. geofisika susah gk sih>?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm... sama siy seperti ilmu2 lain.
      Kalo emang cinta jadi gak sulit #eeaaaa

      Hapus
  2. salam kenal ....
    saya juga maba geofisika di unhas ,,
    bagaimana dosen dosen geofisika di unhas

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.