22.4.08

22 April, apa yang spesial di hari ini?

Jawabannya, ada dua hal yang kira-kira istimewa. Yang pertama, hari ini adalah hari Bumi (earth's day). Terus, yang kedua, hari ini adalah hari Ujian Akhir Nasional bagi adik-adik SMA.
Mengenai Hari Bumi, hari dimana orang-orang bumi diajak merenung akan dibawa kemana peradaban dunia ini dengan kondisi bumi yang semakin buruk. Roda modernisasi dan industrialisasi membuat beban bumi kian hari makin berat. Apa yang bisa kita lakukan untuk bumi? Simple things can help. Contohnya, mematikan alat-alat listrik yang tidak dipakai, mengurangi penggunaan barang-barang plastik, dan berhemat dalam penggunaan air.
Tentang Ujian Akhir Nasional, hari ini adalah hari pertama. Ujian Akhir Nasional (UAN), sebuah kebijakan yang telah menuai pro dan kontra. Pelaksanaannya dinilai banyak membawa dampak negatif bagi dunia pendidikan kita. Dari kecurangan-kecurangan sampai dampak ketidak lulusan siswa-siswa yang sebenarnya berprestasi, bahkan ada yang sudah diterima di Universitas Luar Negeri. Persoalan bahwa UAN adalah satu-satunya parameter bagi kelulusan seorang siswa dan ketimpangan sarana prasarana serta kualitas guru di Indonesia yang tidak merata adalah yang melatarbelakangi mengapa kebijakan ini sebaiknya ditinjau kembali, menurut saya pribadi.
That's all, so Happy earth's day dan met Ujian ya, adik-adik..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.