28.7.14

Ayam masak Gholo

Ada yang berbeda di lebaran tahun ini.
Bukan karena Mama ga masak heboh, bukan. Tapi tentang menu kuliner lebaran yang hampir seragam di keluarga kami.

Adalah Ayam masak gholo. Makanan berbahan utama ayam kampung yang segar-segar enak, slrrrrp.
Dari tahun lalu sebenarnya Mama sudah membuatnya saat lebaran, menemani coto yang tak kalah lezatnya. Hanya saja baru tahun ini semua rame-rame minta resep bahkan ada yang minta dibuatkan bumbu oleh Mama.
Jadilah kali ini hidangan lebaran kami bertema Ayam masak gholo. Karena Mama sudah berbaik hati membagi resepnya, maka juga dengan senang hati menerima hasil akhirnya, haha.
How to make it? Gampang banget. Gholo dalam bahasa Muna berarti kedondong, tapi aslinya hanya daunnya yang dimanfaatkan.
Bahan-bahannya sbb,
Ayam kampung yang sudah dipotong-potong.
bumbunya, bawang putih dan bawang merah plus merica.
Sereh.Serta garam dan gula sebagai penyedap. Dan daun kedondong.
Cara masaknya.
Rebus ayam dengan diberi sereh dan garam. Lalu, haluskan bumbu kemudian tumis hingga harum. Masukkan bumbu ke dalam rebusan ayam. Rebus ayam hingga lunak. Nah, daun kedondong diiris-iris lalu dimasukkan ke dalam rebusan di menit-menit terakhir biar tambah mantap.
Sajikan panas-panas. Lebih enak lagi dimakan bersama
buras atau lapa-lapa, haha.