26.9.13

Pulau karena Gempa di Pakistan (part 1)

Sebuah imel masuk dari milis alumni, berisi link berita dari peristiwa kemarin-gempabumi besar di Pakistan.
http://abcnews.go.com/blogs/headlines/2013/09/new-island-off-pakistans-coast-may-not-stay-afloat/
Artikel yang berisi laporan atas terbentuknya sebuah pulau di Pakistan yang disebabkan oleh gempa.

Berikut adalah terjemahan (yang saya buat dengan bantuan google translate):

Sebuah tim peneliti Pakistan mengambil sampel  hari ini dari sebuah pulau baru yang muncul  secara misterius di lepas pantai menyusul gempa besar pekan ini, mereka  memperingatkan  nelayan daerah untuk menghindari daerah itu dan ahli mengatakan pulau itu mungkin hilang  secepat kemunculannya .
"Terdapat banyak batu dan lumpur," kata ahli geologi AL Pakistan, Mohammed Danish kepada GEO  TV-Pakistan. Namun dia mengatakan bahwa, "Gas masih keluar."
Tufail Baloch, wakil komisi distrik Gwadar, mengatakan kepada Associated Press (AP)ia  berada di antara beberapa orang yang pergi ke pulau yang digambarkannya sebagai area dengan  tinggi 60 kaki, lebar 100 kaki, dan panjang 25 kaki. Dia mengatakan air  terlihat mendidih sepanjang tepi pulau, juga tercium bau gas dan akan terbakar ketika rokok  dinyalakan.
Pulau ini mengejutkan penduduk setempat yang melihatnya di lepas pantai setelah gempa  berkekuatan 7,7 mengguncang wilayah yang terpencil itu awal pekan ini. Tapi ahli geologi  mengatakan pulau itu bisa dengan cepat menghilang .
"Untuk gempa di bagian dunia tersebut-sepanjang pantai Pakistan dan Iran, itu bukan fenomena  yang tak biasa," kata  geofisisis peneliti US Geological Survey, Bill Barnhart. Ia  mencontohkan pulau dipicu gempa  yang muncul pada tahun 2011, 2001, dan 1945, dan lalu  tenggelam ke dalam laut .
"Pulau (itu) menghilang karena terdiri dari tumpukan besar lumpur yang meletus ke lantai  laut (sea floor) dan naik ke atas permukaan laut. Jadi seiring dengan badai, pulau tersapu  cukup cepat," kata Barnhart. "Pulau itu mungkin bukan terbuat dari batuan keras (hard rock).  Kami berharap yang satu ini mungkin akan hilang dalam beberapa bulan."
"Salah satu mekanisme yang mungkin untuk membentuk pulau adalah letusan/erupsi gunung api  lumpur, yang disebabkan oleh gelombang seismik dari gempabumi , yang membuat gas lebih  ringan dan tererupsi ke permukaan," kata Barnhart.
"Tidak ada yang tahu mengapa sebagian besar pulau-pulau ini muncul," kata Rob Mellors,  seorang seismolog di Lawrence Livermore National Laboratory. "Biasanya tekanan bertumpuk  dan keluar di satu hari. Ini adalah sebuah misteri."
Mellors mengatakan bahwa sudah menjadi hal yang umum bagi gunung api lumpur untuk mengeluarkan sedikit gas. "Aman saja untuk pergi ke salah satu pulau-pulau ini."
"Tidak ada yang sangat unik tentang yang (kasus) satu ini, selain karena dipicu langsung oleh gempa jauh yang memang jarang." katanya.
Barnhart meragukan keberadaan gas metan, meski, "Gas metan di wilayah ini yang kita ketahui berada lebih dalam dan jauh dari pantai. Ini bukan skenario yang paling mungkin," katanya. "Ini juga bisa juga karbon dioksida,  cairan di dalam tanah. Ini tidak selalu metana."
Selain menciptakan sebuah pulau, gempa menewaskan sedikitnya 327 dan meratakan beberapa  desa di wilayah tersebut .
Don Blakeman, Geofisis dari US Geological Survey (USGS), mengatakan ada bahaya lebih  yang bisa  ditimbulkan oleh gempabumi.
"Karena ini adalah gempa bumi yang sangat besar dan dangkal, akan ada terus gempa susulan," kata Blakeman. "Beberapa mungkin berukuran besar. Kita  tidak bisa memprediksi guncangan susulan (aftershock) lebih baik daripada kita bisa memprediksi  gempa bumi, jadi itu adalah hal yang harus diperhatikan. Khususnya untuk bangunan yang sudah rusak yang  akan menjadi rentan." 

Pulau yang muncul akibat gempa, 24 September 2013 (Latif Baloch)

***

Kesimpulan dari artikel ini adalah pulau yang muncul itu sebagian besar terdiri atas lumpur dan ada gas yang terkumpul di sana (belum dipastikan jenisnya). Dan kemungkinan pulau itu bisa hilang dalam beberapa minggu. Fenomena ini bukannya aneh (karena sudah terjadi beberapa kali), hanya saja mekanismenya masih sulit dijelaskan dan terus diteliti oleh para ahli.

Artikel tentang pulau gempa ini akan saya buat bagian duanya, mengambil dari artikel yang lain (dari Al Arabiya).  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.