13.4.10

Mosonggi, hmm, enak!


Hari minggu kemarin, habis nelpon saudara di kampung.. Ternyata oh ternyata, mereka akan melaksanakan "ritual" yang akan bikin kita saya iri campur lapar, mosonggi.

Mosonggi, tidak jelas artinya apa, mungkin berarti sesuatu yang berhubungan dengan sinonggi (secara saya bukan orang Tolaki). Apa itu sinonggi, let me tell you, Sinonggi adalah makanan tradisonal dari suku Tolaki, berupa bubur Sagu yang lebih enak disantap saat masih panas (sambil diseruput....sslllrrpppppp.....). Kegiatan utama mosonggi adalah , yah makan Sinonggi, sampingannya, kumpul-kumpul sambil bergosip ria, hehe.


Selain sinonggi, bintang acara mosonggi yang lain adalah Sayur bening, ma kuah ikan plus sambal. Semua kuah digabung trus dituangkan Sinonggi, tambah sambal, maka lengkaplah menu standard Sinonggi. Side dish yang lain tergantung selera masing-masing.
How to make it? waduh, untuk yang satu ini keknya berat...Membuat sinonggi, untuk saya, termasuk keahlian yang perlu dipelajari secara seksama. Salah-salah, bukannya enak, malah hancur. Timing, pengalaman, serta kekuatan sepertinya sangat berperan dalam keberhasilan membuat sinonggi.

Eniwei, walapun tidak bisa membuatnya, namun saya berharap, pulang kampung nanti ada undangan mosonggi dari teman-teman disana..(gratisan euy..!!)

3 komentar:

  1. Hmm.. kayanya yummy.. Pia harusnya coba buat di sini Pi, jadi kita2 yang jadi kelinci percobaannya, hehe.. lumayan ngemil gratis.. :D

    BalasHapus
  2. walopun enak, pi buatnya susyahhh buanget!
    perlu berguru dulu ma ahlinya di kampung, training khusus :D

    BalasHapus
  3. hahaha....
    nda susah ji pi...
    tgl sagu disiramkan air panas br di aduk2..(ini mi yg susah,harus ahlix yg aduk :p )
    kemarin pas pulang sempat ja ditraktir ma mira makan sinonggi...

    Beh...ko kasi ingat lg sy sinonggi...jd pengen :'(

    gimana kabar..?katax bis sakit ya...?
    sorry infox telat

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.