5.1.09

Apalah arti sebuah Nama

"Pia!", saya menoleh. Ternyata, bukan saya yang dipanggil. Tengsin, ya sedikit. Ternyata nama Pia pasaran juga, ^_^.
Apalah arti sebuah nama? Artinya, sangat penting.
Nama adalah identitas kita, pembeda dari manusia lain. Seperti kode yang hanya diciptakan untuk tiap individu. Dari diskusi buku yang saya ikuti kemarin, Prof. Komaruddin menyatakan bahwa roh orang yang tengah mati suri atau koma bisa dipanggil dengan menyebutkan nama lengkapnya, misalnya Fulanah binti Fulan. Sehingga disarankan jika ingin mendoakan seseorang, sebaiknya menyebutkan nama lengkap orang tersebut.

Orangtua kita memberikan nama yang dianggapnya terbaik. Dan terkadang nama bisa mencerminkan kepribadian seseorang, meski tak selalu menjamin. Jika Shakespeare beranggapan bahwa nama itu tidaklah penting, mungkin karena dia tidak hidup di zaman modern seperti sekarang ini, di mana identitas berupa nama berarti banyak dan penting. Penggunaan berbagai fasilitas dan kemudahan hidup seringkali membutuhkan nama pengguna.

Senin siang, saat tugas analisis numpuk banget, pusing jadinya!


3 komentar:

  1. Nama..
    Saya sendiri, diberi nama "yuan"..
    Rada asing di telinga orang Indonesia. Sering dikira nama perempuan:D Di tambah face yang "rada" tionghua, lengkaplah sudah.. Beberapa kali di pasar, pedagang etnis Cina, berbicara dengan bahasa mereka terhadap saya.. he..he..he.. Tapi ya saya nikmati aja:)
    Seringkali kali saya sikapi dengan bercanda bila ada yang bertanya tentang makna dari nama saya itu. Saya bilang "yuan" tu dari dua suku kata "yu" dan "an/wan". "yu" itu dari "you" (=kamu), dan "an/wan" itu dari "one" (=satu). Jadi terjemahan bebasnya, "yuan" itu berarti "kamulah satu-satunya".. :D
    Yang jelas, apapun nama itu - selama bukan suatu yang melanggar syariat - insyaALLAH saya syukuri sebagai sebuah tanda kasih sayang kedua orang tua saya dan juga sebagai penanda entitas diri di antara milyaran manusia di muka bumi ini.. :)

    BalasHapus
  2. mmm..bentar bentar
    menurut saya nama itu klw bisa punya arti bukan saya yg ngomong loh.. nabi ta. kata beliau "sebaik-baik nama adalah Abdullah (hamba Allah)", dari sini terkandung makna bahwa ada nama yg bermakna baik dan bermakna buruk, sedangkan kita dianjurkan memilih yg baik2. jd nama itu klw bisa bermakna.

    Contohnya nama saya (bukannya sombong), Syahrani: Syahr (bulan) jadi syahrani arinya bulan dua. kebetulan sy lahir bulan feb.
    saran: coba pasang foto ta sy yakin tdk ada yang ragu lg klw Pia itu perempuan
    ....key!!
    : )

    BalasHapus
  3. "..Contohnya nama saya (bukannya sombong).."
    kak, dari pengalaman, kalo bilang bukannya sombong, berarti sombong, :) (jangan marah ces!)
    but, eniwei, thanks atas komennya...jangan lupa postingan baruta' lagi di blogta', oke?
    ps:adami fotoku sekarang, supaya ndak ada yang salah kira lagi.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.