7.1.09

Duku apa Langsat??

"Ini duku, pia, kalo yang asam itu langsat!" tegas temanku. "Tapi, kalau di kampung itu namanya langsat. Buah yang lazim di sana." aku bersikeras. Yah, kalau di kampungku buah coklat kecil yang rasanya manis dan asam itu disebut langsat, kalau duku saya tak tahu, tak pernah makan satu sebutirpun.
Tapi, setelah "mengobrak-abrik" mbah google dan wikipedia, kini saya tahu kalau duku dan langsat itu adalah buah yang sama, hehe, :)
Umumnya buah ini terbagi atas 2 varietas, berdasarkan pembagian para ahli, duku dan langsat. Perbedaannya terlihat dari pohon, kalau pohon duku bertajuk besar dan berdaun hijau cerah, sedangkan langsat lebih kurus dan berdaun hijau tua. Sedang dari segi buah, duku berkulit tebal dan tidak bergetah, dan langsat berkulit tipis dan bergetah. Namun, keduanya tetaplah duku aka Lansium domesticum.
Dari berbagai daerah di Indonesia, penyebutan buah ini sebagian besar adalah langsat. Hanya di daerah Jawa dan sebagian Sumatera saja yang mengenalnya sebagai duku. Baik untuk varietas yang duku maupun langsat, karena memang sepintas tak ada bedanya. Sedangkan di luar negeri, buah ini dikenal sebagai langseh (Malaysia), lanzones (Filipina), lansad (Thailand).
Jadi, duku apa langsat? sama aja, :)


6 komentar:

  1. Ooooooooooooooo jd gitu ya Pia :) Penamaan buah tersebut tergantung daerah masing2 :) Berati kamu benar Pia tapi aku juga ga salah dong! he..he...he.. Piss

    BalasHapus
  2. Kalo di kalimantan mah sama atuh itu dua buah, langsat ama duku.. sama2 enakk...

    BalasHapus
  3. intinya sama apa beda sih????
    kalo beda kok nama familinya sama????
    lansium domesticum....
    kalo sama kok pohonnya beda???
    bisa lebih detail gak????

    BalasHapus
  4. di sini juga kalo nyebut yg asem langsat/langsep, haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...jadi kalo bilang sayur asem, sayur langsat dong^^

      Hapus

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.