17.3.15

Rambut Berdiri Tanda Akan Disambar Petir?

Bagaimana kita tahu bahwa kita akan disambar oleh petir? Tanyakan itu pada Michael Mcquilken.


Foto Sean dan Michael McQuilken sesaat sebelum tersambar petir (Agustus 1975)

Michael bersama saudara-saudaranya, Sean, Jeff dan Mary, serta seorang teman, Margie melakukan perjalanan ke ke puncak Moro Rock di Taman Nasional Sequoia, California pada Agustus 1975.  Di puncak itu, rombongannya merasakan cuaca yang memburuk dan rambut mereka mulai berdiri. Hal yang terasa sangat lucu bagi mereka. Peristiwa itu terekam dalam kamera instan yang dibawa oleh Mary.
Berdirinya rambut mereka rupanya bukan pertanda yang menggembirakan, karena tak berapa lama sebuah petir menyambar daerah itu. Tiga orang tersambar petir, termasuk Sean adik Michael. 
Bagaimana keadaan sebelum petir menyambar? Michael menggambarkan bahwa suhu udara turun dengan tiba-tiba, lalu turun hujan.  Dia juga menjelaskan ciri yang sangat menonjol yaitu saat menaikkan tangannya ke udara, cincin yang ada di jarinya berdengung sangat kencang hingga semua orang bisa mendengar suara dengungannya.
Menurut NWS Lightning Safety, petir bisa menyambar manusia melalui beberapa cara, seperti sambaran langsung, samping, melalui arus tanah dan konduksi logam.  Sambaran di tengah lapangan luas, apalagi tempat yang tinggi (seperti puncak gunung)  tanpa banyak ada benda yang lebih tinggi dari kita menambah potensi sambaran tersebut.

 sambaran langsung

Meningkatnya muatan listrik di udara sebelum petir menyambar bisa membuat rambut kita tiba-tiba berdiri adalah peringatan "baik". Jadi, jika di tengah badai guntur (thunderstorms) dan ada berada di lapangan atau lahan yang luas dan tinggi lalu tiba-tiba rambut berdiri dengan sendirinya, larilah ke tempat yang aman. Alam sedang memperingatkan anda.  Jika bersama rombongan, jangan berkerumun, untuk memperkecil resiko tersambar. Jangan dekati pohon atau tiang yang tinggi, tiang listrik dan sejenisnya.


Sumber:
http://www.dailymail.co.uk/news/article-2381677/How-know-youre-struck-lightning-Picture-brothers-hair-end-minutes-before.html
http://www.lightningsafety.noaa.gov/
http://www.glenallenweather.com/alink/20thunder/lightning3.pdf

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Baru tau ada yang komen :) Akhirnya..^^

      Hapus
  2. oalah, baru tau penjelasannya. ternyata karena muatan listrik..

    tadi sempet baca di yahoo juga tentang dua orang yang foto senyum terus kesambar petir tiba-tiba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Tanda peningktan muatan listrik di udara.

      Hapus

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.