13.1.15

Dari Prof. dr Soeharsoyo, Sp.Ak ke dr. William Adi Tedja, TCM, M.A

Bermula dari status Prof.dr. Soeharsoyo, Sp.Ak (ket. Sp.Ak = Spesialis Akunpuntur Medik kalau tidak salah) yang membagikan jam kerja organ tubuh manusia. Saya pernah membaca hal yang serupa, tapi seingat saya tak ada nama professor di dalamnya. Dan ternyata benar, dari hasil gugling, nama professor itu hanya muncul sedikit, cuma 3 atau 4 sumber yang mencantumkannya.



Adapun tentang jam kerja organ yang memang banyak di-copast oleh beberapa blog, banyak yang bahkan tidak menyebutkan sumber atau narasumbernya. 


Gugling dengan kata kunci jam kerja organ tubuh ketemu artikel ini, 


Dari situ ada kata pengobatan TCM atau pengobatan  tradisional Cina. Gugling lagi dengan kata kunci pengobatan TCM dan jam kerja organ ketemu ini,


Nah, ada nama dokter yang disebut. Dari nama dokter William Adi Tedja ini, ketemulah  artikel dari intisari-online tertanggal 22 Juni 2011 yang saya duga adalah sumber dari artikel atau status di awal postingan ini,


Jadi, berdasarkan artikel tersebut,  jam kerja organ yang dimaksud di awal adalah pola hidup tubuh berdasarkan chi yang telah dipelajari ahli pengobatan Cina dari dulu.  Beberapa artikel online yang turut "semena-mena" menyalin artikel ini memakai istilah jam piket organ yang juga tak kalah menjual.

Kesimpulannya, nama Professor Soeharsoyo (yang belum saya dapat pastikan orangnya ada atau tidak) hanya dicatut. Narasumber aslinya adalah dr. William Adi Tedja, TCM, M.A dari Klinik Utomo Chinese Medical Center, Jakarta Barat. Kesimpulan lainnya, para peng-copast artikel ini adalah orang-orang yang kreatif. Salut, walau harus terus diluruskan. Biasakan dong copast dengan mencantumkan sumber.

Dan terakhir, para pembaca sekalian, usahakan tidur sebelum pukul 11 malam, agar kesehatan hati terjaga, begitu pesan artikel dari dr. William. Sekian^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.