27.1.14

Lowongan Palsu, duh

Di salah satu grup whatsapp pagi ini, teman saya mempost lowongan kerja. Mulanya saya tidak tertarik. Tapi, saat teman saya bilang kalau perusahaan itu dulunya adalah pt.tertentu yang bonafit dan terletak di Sulawesi, saya pun meneruskannya ke teman lain yang punya kualifikasi dan ingin bekerja dekat kampung halaman.
Hal yang langsung direspon teman saya tersebut. Namun, ada yang mengganjal. Email yang dipakai bukan email perusahaan, melainkan email gratisan. Tipu-tipu detected niy :-/
Karena itu juga mengganggu saya, makanya saya langsung masuk ke web perusahaan. Dan, ternyata benar. Ada info Fraud on Job Vacancy. Duh, hoax dah saya.

Cek ricek, tabayyun musti selalu dilakukan di era info serba cepat dan mudah. Harus!!

1 komentar:

  1. Aksi penipu berikutnya adalah meminta transfer uang tiket pesawat, dg alasan akan diganti setelah sampai di Sulawesi.
    Penipu itu beralasan/berkilah tidak mau membelikan tiket di awal adalah (karena seakan-akan) kuatir si pelamar tidak berangkat ke Sulawesi padahal sudah dibelikan tiket.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.