Langsung ke konten utama

My Memory

Saya termasuk orang yang mudah lupa, bahasa singkatnya pelupa. Banyak memori-memori lama yang tidak bisa saya ingat lagi, kalaupun ingat hanya samar-samar saja. Untuk membangun banyak kenangan lama, saya menggantungkan pada orang-orang disekitar saya, terutama adik saya yang rupanya memiliki ingatan lebih baik dari saya..).
Otak manusia adalah tanda bukti kekuasaan Allah, diciptakan dengan kerumitan yang sulit dibayangkan, melebihi komputer tercanggih sekalipun.
Kemampuan menyimpan informasi akan berkurang seiring bertambahnya usia. Hal ini terjadi (menurut saya) karena semakin banyak hal yang dipelajari manusia namun volume penyimpanan di otak tetap, tidak bertambah.
Berbicara tentang memori, maka tidak "afdhol" kalau tidak membahas amnesia. Fenomena yang akrab di masyarakat karena kerap kali muncul di film dan sinetron. Tiga drama dan film Korea berikut adalah contohnya.

Winter Sonata, drama romantis yang penuh airmata. Kang jun sang (Bae yong jun) mengalami amnesia total (global amnesia) setelah kecelakan. Ibunya, Kang Mi Hee, mengubah identitas joon sang menjadi Lee min hyung yang hidup dan besar di Amerika, untuk menghapus semua jejaknya selama di Korea . Takdir mengantarkan dia kembali kepada teman-temann lamanya, dan juga kekasih SMAnya.
Drama kedua, 18 vs 29, Yoo hye chan (Park sun young), 29 tahun, kehilangan sebagian ingatannya setelah mengalami kecelakaan mobil. Yang dia tahu, saat itu dia masih SMA atau berusia 18 tahun, bukannya 29 tahun.
Film ketiga, Sweet Lies, jee hoo (Park jin hee) berpura-pura amnesia setelah ditabrak mobil teman SMAnya. Komedi romantis yang membuat kita menertawakan amnesia itu sendiri (akting amnesianya dimulai dengan kata yang sering diucapkan para pengidap amnesia di film "siapa aku?? :D)
Untuk kasus yang pertama, secara medis sangat jarang terjadi. Wikipedia says "it's extremelly rare..", namun entah mengapa, it's very popular in film.
Sedangkan, drama kedua, tentang orang yang hanya mengingat masa kecil dan remajanya. Mulanya saya tidak percaya, hingga saya mendengar sendiri dari teman yang salah seorang keluarganya menderita penyakit tersebut.
Untuk film ketiga, hanya bisa tertawa. yah, begitulah amnesia, kasus yang amat sangat jarang terjadi, tetapi sangat sering diangkat ke dalam film, membuat kita bisa "meniru" dengan mudah akting seorang penderita amnesia..

Komentar

  1. Ahh, Pi, aku nonton juga tuh yang Sweet Lies, asli deh ekspresi si cewe waktu bilang "Siapa aku?" itu bener2 bikin huek huek deh.. kami tertawa terpingkal2 dibuatnya.. hehe.. Sayang ya si cewe akhirnya ga jadi sama cowo yang di'pura2in' itu..

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.

Postingan populer dari blog ini

General Hospital Season 2. (K-drama, 2008)

Drama ini adalah remake dari drama berjudul sama produksi tahun 1994, dengan bintang Lee Jae Ryong yang juga membintangi season duanya. Bercerita tentang kehidupan di rumah sakit universitas terkemuka di kota Seoul, dan dibintangi pemain terkenal Korea, seperti Cha Tae-Hyeon dan Kim Jeung-Eun.
Kim Jeung Eun berperan sebagai Jung Ha Yoon, seorang dokter yang juga lulusan fakultas Hukum. Tujuan nya menjadi dokter, sebenarnya hanya untuk menjadi pengacara kedokteran,yakni pengacara yang menspesialisasikan diri dalam kasus-kasus medis. Sebuah profesi yang amat ditakuti para dokter.
Choi Jin sang yang diperankan oleh Cha Tae-Hyeon, dokter residen tipikal mahasiswa biasa yang tidak pintar-pintar amat plus ceroboh, namun sangat dekat dengan pasien. Kelebihannya yang satu ini terkadang membuat Ha Yoon dan Hyun Woo cemburu.
Dokter residen ketiga, Baek Hyun Woo (Ryu Jin) teman seangkatan Jin Shang yang tergolong pintar. Hubungan keduanya sangat unik, “bermusuhan” di kampus , namun kemudian ber…

Dari Prof. dr Soeharsoyo, Sp.Ak ke dr. William Adi Tedja, TCM, M.A

Bermula dari status Prof.dr. Soeharsoyo, Sp.Ak (ket. Sp.Ak = Spesialis Akunpuntur Medik kalau tidak salah) yang membagikan jam kerja organ tubuh manusia. Saya pernah membaca hal yang serupa, tapi seingat saya tak ada nama professor di dalamnya. Dan ternyata benar, dari hasil gugling, nama professor itu hanya muncul sedikit, cuma 3 atau 4 sumber yang mencantumkannya.


Adapun tentang jam kerja organ yang memang banyak di-copast oleh beberapa blog, banyak yang bahkan tidak menyebutkan sumber atau narasumbernya. 
http://m.kompasiana.com/post/read/582457/2/jam-kerja-organ-tubuh-manusia.html
Gugling dengan kata kunci jam kerja organ tubuh ketemu artikel ini, 
http://www.fimadani.com/inilah-jadwal-jam-kerja-organ-tubuh-manusia/
Dari situ ada kata pengobatan TCM atau pengobatan  tradisional Cina. Gugling lagi dengan kata kunci pengobatan TCM dan jam kerja organ ketemu ini,
http://www.stikes-kapuasraya.ac.id/index.php/artikel/10-jam-piket-organ-tubuh
Nah, ada nama dokter yang disebut. Dari nama d…

Makanan Selama Hamil, Buat Ibu dan Bayi

Baru-baru ini di kota kami, Kendari, dihebohkan dengan kejadian kelahiran seorang bayi yang langsung mempunyai gigi. Kalau dalam pandangan masyarakat awam, ini dikaitkan dengan sesuatu yang mistis atau takhayul, namun tidak di mata seorang ahli gizi. Ini sangat berkaitan dengan kondisi gizi si ibu selama mengandung, ada kelebihan zat gizi dalam masa tersebut, antara lain, kalsium.

Selama mengandung, seorang ibu memang mempunyai kecenderungan untuk terus merasa lapar, terutama di trisemester kedua. Hal ini berkebalikan dari keadaan di trisemester pertama, dimana kejadian mual-mual adalah biasa. Yang berujung pada menurunnya nafsu makan si bumil (ibu hamil).

Berbagai kebiasaan ibu yang hamil dalam hal makanan bisa berbeda-beda. Contohnya dalam bahasan berikut. Teman-teman saya dari klub Mp-ers Indonesia yang sekarang tengah mengandung dengan senang hati membagi pengalaman makanan selama hamil dengan saya yang alhamdulillah belum berpengalaman :)  Saya akan mencoba "mengkaji"  as…