24.12.11

Rencana di Tahun Depan

Insya Allah, masih akan berhubungan dengan buku.

Yang pertama, membuat buku sendiri. Setelah "menembus" beberapa antologi, saya bertekad untuk memiliki buku solo. Yang semua aspeknya pasti berdasarkan kemauan saya, sampul, layout, warna, jenis huruf. Isinya, karena tidak menulis secara khusus, semua isi buku itu berasal dari blog saya, dari ini dan yang di multiply. Istilah kerennya BLOOK, a book based on a blog.

Tahun ini sebenarnya mau buat buku solo juga, yakni photobook. Hanya saja, karena di tengah proses saya menilai foto-foto saya itu belum layak dibuat buku, photobook itu tak kunjung rampung juga. Kemungkinan kalau saya punya kamera yang lebih mumpuni, niat itu akan saya teruskan.

Rencana kedua, membantu kawan yang mau membuat buku puisi, versi duo. Saya akan memegang peran sebagai pengumpul bahan, editor, layouter dan penghubung ke publisher.  Proyek yang ini sedianya dilakukan di awal tahun, sebelum buku sendiri. Mengapa? Saya mau belajar dulu buat buku orang lain, baru buat buku sendiri. Lumayan, pengalamannya pasti berbeda. Maksud yang "mulia" ini punya satu kelemahan, saya "buta" puisi,  

Rencana-rencana lainnya, mungkin berupa harapan-harapan saja. Semoga tahun depan diberi kesehatan oleh Allah, sehingga mampu berkarya yang lebih baik lagi. Juga keimanan yang lebih meningkat, aamiin.



2 komentar:

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.