20.7.11

Amorphophallus, tamu tak diundang.

Beberapa minggu lalu, kantor kami kedatangan tamu  agung.  Sebentuk bunga langka telah tumbuh di pekarangan kantor, Amorphophallus sp, yang banyak dikenal sebagi Bunga Bangkai (Corpse Flower).
Awalnya kabar ini saya anggap bualan belaka,  "ahh, palingan bunga biasa saja, bukanlah..bukan bunga bangkai.." , tapi melihat foto bunga itu yang baru diambil teman saya pagi hari, saya pun bergegas guggling, mencari tahu apa dan bagaimana bunga bangkai itu (bukannya meluncur langsung ke TKP, hehe ).
Teman saya berseru "Raflessia Arnoldi, bunga raksasa..", dan memang, banyak yang salah mengira bunga bangkai dan Rafflesia Arnoldi sama saja. Padahal, keduanya jauhh berbeda.  Kalo Rafflesia Arnoldi itu tidak bertangkai, berdaun, berbatang, sedang  bunga bangkai itu tumbuhan lengkap, ada daun, batang dan tangkai.

            Bunga Bangkai aka Amorphophollus sp.


Hasil gugling pun menunjukkan, kalau bunga bangkai juga tumbuh di Sulawesi.  Tapi, jenis yang tumbuh di kantor kami berbeda, yaitu Amorphophallus paeonifolius.  Warna bunganya cantik, tapi baunya minta ampun ( ya eyalah..namanya juga bunga bangkai).  Setelah mekar selama seminggu, bunganya pun mulai beristirahat (bukan mati lohh!).

                                                                            Setelah seminggu lebih.

Dan menuju fase hidup yang baru, menjadi umbi..Lalu, setelah mendapat kondisi dan nutrisi yang cukup akan kembali mekar sebagai bunga (mirip cerita burung Phoenix), bangkit dari tidur panjang.

               Bersiap-siap tidur yang lama^^  (20 July-2011)






8 komentar:

  1. woooowwww.. pengen liat bunga itu langsung Piiii.. di monas kan cuma ada replikanya :D

    BalasHapus
  2. wah..wah...,kyaknya klo pulang pengen liat...:)

    BalasHapus
  3. @clara, ada kok di kebun raya bogor...tapi, yah itu, musti nunggu waktu ngembangnya, gak bisa setiap saat..

    @artin, aaiiihhh, da tidurmi artin...tunggu beberapa tahun lagi sepertinya ;-)

    BalasHapus
  4. bukannya pheonix tu "bangkit" dari abunya ya...?
    #Harry Potter's effect.. :p

    BalasHapus
  5. maksudnya "phoenix".. salah ketik.. :o

    BalasHapus
  6. @yuan, phoenix emang bangkit dari abunya..absolutely right...
    Pi, ni bunga mirip2...dia akan menghilang -di permukaan- trus entar hidup lagi deh...umbinya masih ada di dalam tanah, menunggu waktu dan nutrisi yang tepat untuk bangkit lagi. sekian ^^

    BalasHapus
  7. fenomena bunga bangkai ada hubungannya ga sama geofisika?

    BalasHapus
  8. sama geofisika, hmmm, ada gak ya? sejauh pengetahuan saya, belum ada bukti yang menegaskan hbungan tsb, terima kasih^^

    eh ya, mohon pake nama dung, jng anonim... :)

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda atas isi blog saya ini. Kritik, saran yang membangun sangat diharapkan, namun harap sopan.